Universitas Nasional Kembali Menyelenggarakan Kegiatan Universitas Nasional Festival (UNAS FEST) Pada Tahun 2023

Jakarta, Universitas Nasional (UNAS) – Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Bersama dengan Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Nasional mengadakan kegiatan Dies Natalis ke-74 Tahun pada Rabu (20/12).

Universitas Nasional Festival (UNAS FEST) Tahun 2023 salah satu kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan untuk memeriahkan serta merayakan Dies Natalis Universitas Nasional ke-74 Tahun pada 15 Oktober 2023 yang digelar oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Biromawa). UNAS FEST 2023 mengangkat tema “Implementasi Teknologi Dalam Kebijakan Ekonomi Biru Untuk Mengoptimalkan Inovasi Maritim Yang Berkelanjutan di Indonesia”. Kegiatan UNAS FEST mengadakan perlombaan yaitu; Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), English Debate Competition (EDC) dan Kompetisi Debat Bahasa Indonesia (KDBI) tingkat Nasional yang diselenggarakan dari 19 sd 20 Desember 2023.

 

Dalam lomba kegiatan terdapat debat terbagi English Debat Competition (EDC) dan Kompetisi Debat Bahasa Indonesia (KDBI) ronde ke-3 sukses diselenggarakan di Auditorium Cyber UNAS dalam satu babak. Kompetisi mempertemukan para peserta dalam debat dengan mosi yang masih berkaitan dengan maritim Kebijakan Di Sektor Kelautan Dan Perikanan, sesuai tema Unas Fest 2023. Juri English Debate Competition menilai debat ini dengan transparan, tanpa adanya manipulasi penilaian peserta.

 

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) melakukan presentasi setelah selesai seleksi oleh juri-juri yang berkompeten dan profesional. Berbagai macam ide judul yang menarik peserta dalam hasil jurnal karya tulis ilmiahnya. Adapun menarik perhatian dari peserta Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan menampilkan pembukaan pantun dan lagu khas Jawa diiringi oleh wayang kulit asli daerah Semarang. Dalam presentasinya ia memiliki program dengan rancangan kesejahteraan para nelayan ialah “Pelita Bahari”. Dengan begitu para nelayan dan masyarakat pesisir bisa mendapatkan peluang dalam program tersebut untuk memajukan finansial mereka.

 

Adapun pemenang Universitas Nasional Festival (UNAS FEST) Tahun 2023 pada lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang dimenangkan oleh Muhammad Yogi Alfito Valentino dari Universitas Negeri Semarang, English Debate Competition (EDC) diraih oleh Universitas Jenderal Soedirman dan Kompetisi Debat Bahasa Indonesia (KDBI) diraih oleh Universitas Ciputra Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.