KOREAN CULINARY TRAVEL, Korean Women International Network (KOWIN) dan Kedutaan Besar Korea Selatan, Cooking Studio Almond Zucchini, Kebayoran, Jakarta Selatan.

JAkarta (UNAS) – Hello sobat Pariwisata UNAS!
Pada 17 Agustus 2022 lalu, Korean Women International Network (KOWIN) dan Kedutaan Besar Korea Selatan mengadakan acara ‘Korean Culinary Travel’ untuk para mahasiswa/I Universitas Nasional dan King Sejong Institute yang berminat terhadap kuliner Korea. Acara ini diselenggarakan di Cooking Studio Almond Zucchini, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Pada acara ini, KOWIN beserta para sponsors termasuk Kedutaan Besar Korea Selatan bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Pariwisata (HIMAPAR), Himpunan Mahasiswa Bahasa Korea
(HIMABAKOR), dan King Sejong Institute.


Rangkaian acara dimulai dengan kuliah umum mengenai kuliner Korea oleh dosen Prof. Kim Su-il.
Setelah itu, para peserta cooking class yang terdiri dari 10 tim yang setiap timnya terdiri dari 3 orang dipandu oleh Chef Romija untuk membuat minuman Korea berupa Yuja Orange Ade (유자 오렌지 에이드) dan Plum Grape Ade (매실 포도 에이드), lalu makanan Korea berupa Korean Squid Pancake (오징어 파전) dan Bulgogi Bibimbap (불고기 비빔밥).


Pada cooking contest, terdapat 10 tim yang setiap timnya terdiri dari 2 orang saling berlomba untuk menunjukkan skill memasak mereka. Menu yang dapat dipilih peserta diantaranya Kimchi Jjigae (김치 찌개), Dakgalbi (닭갈비) dan Bibimbap (비빔밥). Lomba memasak ini berlangsung selama 45 menit dan juri pada contest ini diantaranya Chef Jun, Chef Na Dae-hoon, Korean VIP representative, Chef Jeong Da-kyung dari kedutaan besar Korea Selatan, Food Service Association, dan juga dosen dari Universitas Nasional. Total hadiah dari cooking contest ini adalah 10 juta rupiah dan terdapat 5 pemenang yang masing-masing mendapatkan:

Juara 1: Rp3.000.000, –
Juara 2: Rp2.500.000, –
Juara 3: Rp2.000.000, –
Juara 4: Rp1.500.000, –
Juara 5: Rp1.000.000, –

Posisi juara 1 dan 2 diraih oleh peserta asal King Sejong Institute. Sementara pemenang dari
Universitas Nasional juara 3 diraih oleh Mutiara Adzani Putri dan Utari Nur A’isyah dari prodi Pariwisata, juara 4 diraih oleh M. Salim Zuhdi dan Dinda Novanda Utami dari prodi Pariwisata, dan juara 5 diraih oleh Mawardah Zahra dan Salsabilla Putri Novianti dari prodi Bahasa Korea. Selamat untuk para pemenang! (GW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.