LDK & LKMM HIMAKEP Tahun 2022

Jakarta (UNAS) – Himpunan Mahasiswa Keperawatan menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM), pada Jumat (25/03) dan Sabtu (26/03). Dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting Cloud, kegiatan ini menghadirkan Ns. Elliadda Daeli S.Kep, Rizka Olivia, Ari Maolana Rahmatilah, NS. Fatkhul ‘Ulum, S.Kep dan Ecat Dinata S.Kep. sebagai pemateri.

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) merupakan serangkaian acara wajib yang diikuti oleh seluruh mahasiswa/i di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional khususnya pada jurusan Keperawatan yang diselenggarakan oleh divisi PSDM dari HIMAKEP. Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ditujukan untuk mahasiswa/mahasiswi dari Ilmu Keperawatan agar memahami tentang konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sedangkan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) ditujukan agar mahasiswa/mahasiswi lebih berpotensi dan memiliki ide-ide baru untuk HIMAKEP kedepannya. Diharapkan dengan dilaksanakannya acara ini mahasiswa/mahasiswi dapat mengasah jiwa kepimpinan dan siap dalam mengahadapi segala tantangan yang ada dalam dunia organisai ataupun dunia kerja.

Acara Latihan ini mengusung tema “Membangun Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Keperawatan Universitas Nasional Yang Kritis, Logis, Analitis dan Berkarakter” yang telah dilaksanakan dua hari yaitu pada tanggal 25 sampai 26 Maret 2022 via zoom, dan diikuti oleh peserta mahasiswa dan mahasiswi FIKES sebanyak 95 peserta, 78 peserta dari kelas regular dan 17 peserta dari kelas karyawan yang dimulai pukul 08.00 – 16.10 WIB yang dibuka dengan pengisian pretest dan registrasi awal dan di lanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, MARS PPNI, MARS UNAS dan MARS ILMIKI secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Kemudian sambutan-sambutan yang diberikan oleh ketua pelaksana, ketua HIMAKEP, Kaprodi FIKES UNAS dan Dekan FIKES UNAS yang di wakili oleh Wakil Dekan FIKES UNAS.

Setelah sambutan-sambutan yang telah diberikan langsung dilanjutkan dengan penyampaian meteri-materi yang di berikan oleh Ns. Elliadda Daeli S.Kep sebagai pemateri pertama yang menyampaikan materi tentang kepemimpinan dengan judul Kepemimpinaan Etika dan Mortalitas, materi kedua di sampaikan oleh Rizka Olivia yaitu tentang organisasi ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Keperawatan Indonesia), materi ketiga yaitu tentang HIMAKEP (Himpunan Mahasiswa Keperawatan) yang disampaikan oleh Ari Maolana Rahmatilah. Dan tak luput juga dalam sesi acara penyampaian materi terdapat games-games salah satunya games tebak gambar yang di pandu oleh panitia acara dan terdapat hadiah yang di berikan bagi pemenang yang beruntung.

Penyampaian materi terakhir di hari pertama yaitu tentang tata cara sidang dan simulasi sidang yang di sampaikan oleh Kresna Saputu. Di hari pertama di tutup oleh diskusi kelompok dan pemaparan hasil diskusi antar peserta LDK serta dokumentasi dan penutupan registrasi acara dan juga pengisian post test.
Pada hari kedua pada tanggal 26 Maret 2022 dimulai pukul 08.00 – 13.40 WIB dengan pengisian registrasi awal dan pretest dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, MARS PPNI, MARS UNAS, MARS ILMIKI kemudian pembukaan acara dan pemaparan materi-materi yang di berikan oleh NS. Fatkhul ‘Ulum, S.Kep dan Ecat Dinata S.Kep.

 

 

 

 

Materi pertama yang di sampaikan oleh NS. Fatkhul ‘Ulum, S.Kep dengan judul Manajemen Kepemimpinan dan materi kedua disampaikan oleh Ecat Dinata S.Kep dengan judul Manajemen Organisasi, kemudian dilanjutkan dengan simulasi debat yang dipimpin oleh ketua divisi Kastrad dari HIMAKEP dan ditutup dengan dokumentasi seluruh peserta dan panitia, lalu penutupan acara dengan registrasi akhir dan pengisian post test. (DAM/SHF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.