Penataan gelanggang yang apik dengan satu matras ditambah banyaknya jumlah peserta dari luar kota, membuat pertandingan kali ini  benar-benar memacu adrenalin ….

 

 Pagi itu, 1 Juni 2022, sejumlah pendekar dengan berpakaian hitam-hitam berkumpul di GOR Universitas Negeri Jakarta untuk mengikuti Upacara Pembukaan Pertandingan Pencak Silat dalam rangka Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta ke 58 Tahun 2022. 

 

Ternyata, pesertanya tak hanya PTN/PTS se-Jabodetabek.  Papua, Gorontalo, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Pekalongan dan Sumatra juga mengirimkan pesilat terbaiknya. Boleh dikata, suasananya, serasa tengah bertanding di ajang pertandingan mahasiswa yang biasa digelar dua tahun sekali; Pekan Olahraga Nasional.

 

Vero demikiaan sapaan akrabnya langsung bergumam; “Wow …”.

 

Sementara, Rian hanya menggeleng-gelengkan kepala dan sesekali menarik napas panjang.

 

Melihat keadaan iu, pembina dan pelatih dengan cepat mengambil sikap. Keduanya segera menghubungi panitia untuk mengambil bagan pertandingan. Setelah itu, pelatih, Bang Yayan pun berkata; “Prinsipnya bertandinglah dengan sebaik-baiknya, sportif dan bersih”.

 

“Ingat pesan saya, karena ini pertandingan pertama setelah pandemi. Jadi, mulai awal adalah partai neraka … karena semua berharap menang dan menjadi yang terbaik. Jadi dengarkan masukan dan instruksi pelatih serta pembina”, tambahnya lagi.  

 

Vero dan Rian kembali mengangguk. Ketika keduanya berbisik kepada pembina untuk melihat bagan pertadingan, kembali Bang Yayan mengingatkan; “Tidak perlu tahu. Nanti grogi”.

 

“Jangan kalah sebelum bertanding”, tandasnya sambil meminta Vero untuk bersiap-siap karena pertandingan akan segera dimulai.

 

Prediksi pelatih ternyata benar. Mulai 1-3 Juni 2022, semua pertandingan berjalan sengit dan alot. Tendangan, pukulan dan bantingan terjadi silih berganti. Namun, walau harus melewati “partai neraka”, ternyata, Dewi Fortuna masih berpihak kepada Universitas Nasional. Vero “Ilkom” Safitri dan Rian “Jongat” Hidayat pada akhirnya berhasil meraih medali perunggu. 

 

“Maaf belum dapat memberikan yang terbaik”, ungkap keduanya di sela-sela pengalungan medali kepada pembina dan pelatih.

 

“Insya Allah ke depan, kita akan bermain lebih baik lagi”, tutup Rian sambil tersenyum penuh arti.

 

Yang lebih menggembirakan lagi adalah, ketika Panitia Pertandingan mengumumkan ranking yang berhasil diraih masing-masing kontingen berdasarkan perolehan medali, ternyata,  Universitas Nasional berhasil meraih urutan ke 17 dari 80 PTN/PTS yang mengikuti pertandingan Pencak Silat dalam rangka Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta ke 58 Tahun 2022. 

 

Sontak, keduanya melakukan sujud syukur atas perolehannya. 

 

Seluruh sivitas akademika Universitas Nasional dengan bangga mengucapkan selamat kepada Vero “Ilkom” Safitri dan Rian “Jongat” Hidayat atas prestasinya.

 

Sukses …!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.