Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu babakan menggelar acara dengan tema Pekan Ketupat Lebaran. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 04 Juni 2022 dan Minggu, 05 Juni 2022 mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB di Kawasan Zona A dan Bantaran Setu Babakan. Acara besar ini berkolaborasi dengan pihak stakeholder, civitas akademika, mitra instansi pemerintah dan swasta seperti : Persatuan Pengusaha Jasaboga Indonesia (PPJI), Universitas Nasional, Himpunan Mahasiswa Pariwisata (HIMAPAR), GetOne, serta kolaborasi beberapa unsur pemerintah jajaran Walikota Jakarta Selatan seperti : Suku Dinas Kebudayaan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, dan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan pertanian, juga kolaborasi aktif dalam unsur masyarakat seperti : Forum perkampungan budaya Betawi, Pokdarwis Perkampungan Budaya Betawi, Satgas Perkampungan Budaya Betawi, RT,RW,LMK, serta Tokoh Masyarakat. Dan terdapat juga sponsorship antara lain Unilever, Lotte, Antam dan Knorr.

Acara yang megah ini dimeriahkan dengan beberapa kegiatan yang mengikutsertakan pengunjung yang datang ke acara tersebut, antara lain workshop kerajinan tangan membuat Ondel-ondel Mini yang terbuat dari botol plastik dan kain dan berbagai hiasan berwarna, workshop Gambang Kromong dimana peserta diajarkan bermain alat musik tradisional Betawi, membuat anyaman ketupat serta tari tradisional Betawi. Tidak hanya itu, selama acara yang berlangsung selama dua hari ini, terdapat bazar dimana para peserta berasal dari UMKM Jakarta Selatan yang menjual berbagai produk makanan, minuman dan busana serta souvenir khas Budaya Betawi seperti, Kerak Telur, Toge Goreng, Laksa Betawi, Soto Betawi, Dodol Betawi, Bir Pletok yang berisi berbagai rempah berkhasiat dan sebagainya. 

      

Acara Pekan Ketupat Lebaran menampilkan beberapa acara yang menarik selama dua hari, pada hari Sabtu yang merupakan soft opening acara ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Bapak Imron Yunus. Kemudian terdapat penampilan Qasidah dan hiburan Gambang Keromong yang merupakan musik tradisional budaya Betawi, di hari berikutnya Kedinasan Jakarta Selatan menghadiri acara ini yang disambut dengan pertunjukan Palang Pintu yang harus dilewati terlebih dahulu untuk meresmikan mulainya acara Pekan Ketupat Lebaran. Palang Pintu merupakan tradisi Budaya Betawi yang biasanya dilakukan pada acara pernikahan namun juga dapat dilakukan untuk sambutan suatu acara besar sebagai sambutan atau peresmian mulainya acara tersebut.

Hari kedua ini lebih meriah dan padat karena ramai pengunjung yang datang serta diisi dengan berbagai acara antara lain, penebaran benih ikan di danau, demo masak, ngaji budaya dan pertunjukan akustik lagu Betawi. Tidak hanya bazar dan pertunjukan saja yang diadakan pada acara ini namun terdapat juga lomba memasak dengan tema ketupat lebaran didampingi sayur dan lauk khas Betawi dan dibagi menjadi tiga kategori, akademisi, praktisi dan masyarakat. Peserta yang mengikuti lomba ini dengan kategori akademisi berasal dari beberapa kampus antara lain Universitas Nasional, STP Trisakti, Unsia dan Stiami, kemudian 6 kelompok praktisi dan 25 kelompok masyarakat yang berasal dari sekitar Kawasan Setu Babakan. Lomba Ketupat Lebaran ini dijuri oleh perwakilan dari Universitas Nasional yaitu Anisa Putri Kusumaningrum, S.ST.Par, M.M, Syarifuddin Latif Bagus SH, MH, PPJI, Unilver. 

HIMAPAR merupakan salah satu kolaborator acara Pekan ketupat Lebaran ikut serta dalam mensukeskan acara tersebut dengan berkontribusi dan membantu dalam pembuatan media promosi dan publikasi berupa banner dan spanduk serta feeds dan story Instagram. Tidak hanya itu, Himapar juga mendapatkan 2 stand dari pihak Setu Babakan dan menjual minuman Teh Poci dan Lychee Jelly dengan nama usaha “Himapar Seger” dan Pihak MPR (Marketing dan Public Relation) dari Universitas Nasional juga turut hadir dalam acara ini untuk membantu mempromosikan Prodi Pariwisata Universitas Nasional dengan membagi merchandise kepada pengunjung yang datang. 

Untuk menambahkan kemeriahan acara ini, HIMAPAR Universitas Nasional mengirim 3 penyanyi bertalenta dari prodi Pariwisata bernama Dinda Novanda Utami, Fayza Syafira dan Fasya untuk mengisi pertunjukan Akustik dengan menampilkan beberapa lagu Betawi antara lain Jali-jali, Kicir-kicir, Keroncong Kemayoran dan yang terakhir Hujan Gerimis karena pada hari itu cuaca sudah mendung dan hujan pun turun. Sebagai penghujung acara, diadakan pemanggilan pemenang dari lomba memasak tiga kategori. Dari kategori akademisi, kampus Universitas menjadi juara 1 lomba memasak yang beranggota Salim Zuhdi, Muhammad Andriansyah, dan Farrah Puspita, ketiga mahasiswa ini telah mengharumkan nama Universitas Nasional dan Himapar dengan memenangkan lomba memasak pada acara Pekan Ketupat Lebaran ini.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini pun ditutup oleh Kepala Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Bapak Imron Yunus dengan menyampaikan ucapan dan rasa terima kasih kepada semua kolaborator serta peserta bazar dan lomba memasak yang ikut serta berkontribusi dan membuat acara Pekan Ketupat Lebaran sukes, menarik dan meriah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.