WEBINAR HARDIKNAS HIMAJEM UNAS 2022

Jakarta (UNAS) – Setiap tanggal 2 Mei, pemerintah telah menetapkan sebagai peringatan Hari Pendidikan Nasional. Sebagai mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan, Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMAJEM) Universitas Nasional mengadakan webinar untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan tema “Mewujudkan Pemuda Indonesia Berprestasi di Era Society 5.0”.

Webinar yang dilaksanakan pada Rabu (18/5) ini mengundang Ph.D. Endy Agustian, S.T., M.eng Duta Pendidikan Indonesia juga sebagai Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas IGM dan Assc. Prof. Dr. Wahyu Wibowo, Ahli Bahasa juga sebagai Dosen Bahasa dan Sastra UNAS. Dalam materinya, Dr. Endy Agustian, S.T., M.eng menyampaikan bahwa selain mempermudah pekerjaan di era Society 5.0 juga bisa menjadi boomerang.

“5.0 bisa menjadi boomerang jika kita tidak memiliki kemampuan atau skill, dengan kata lain kita akan dikalahkan oleh mesin teknologi. Tapi asalkan kita tahu kemampuan dan skill yang kita miliki untuk bersaing di era Society 5.0, kekhawatiran ini tidak akan terjadi,” jelasnya.

Menurut Endy, sebagai bentuk perubahan dalam dunia pendidikan, resiliensi adalah suatu keharusan. “Tantangan dalam menghadapi Society 5.0 adalah sektor pendidikan yang harus resiliensi, dengan pembelajaran berdasarkan strategi dan pendekatan atau metode penerapan pembelajaran berbasis kurikulum MBKM merupakan suatu bentuk wujud perubahan itu sendiri yang dilakukan oleh pemerintah saat ini. Sekarang mahasiswa bebas memilih apa yang ingin mereka pelajari,” lanjutnya.

Selanjutnya, sebagai mahasiswa harus memiliki keterampilan yang menonjol untuk diterapkan di era Society 5.0. “Sebagai mahasiswa, ada 3 skill ketempilan yang bisa diterapkan untuk berprestasi. Pertama, indikator mahasiswa yang baik bukanlah jumlah piala dan sertifikat, tetapi jumlah mahasiswa yang baik yang bisa kita tanamkan dengan kompetensi. Kedua, diikuti dengan pemahaman literasi mahasiswa khususnya literasi digital dan yang ketiga adalah memahami karakter dari diri sendiri,” katanya.

Sedangkan pembicara kedua adalah Assc. Prof. Dr. Wahyu Wibowo sependapat dengan Endy bahwa siswa harus mampu menguasai literasi, termasuk literasi bahasa.

“Di era sekarang ini, cara kita membaca teks tidak lagi didasarkan pada semangat literalisme. Oleh karena itu, bahasa tidak lagi sekadar diartikan sebagai alat komunikasi masyarakat, karena dalam kehidupan banyak sistem penerimaan bahasa yang mencerminkan nilai kehidupan dan kaidah bahasa. Jadi banyak sekali cara berbicara yang benar-benar perlu dikuasai agar bisa dipahami antara komunikator dan komunikan,” jelasnya.

“Dengan menerapkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam tata bahasa dalam kehidupan sehari-hari, hindari penggunaan kata-kata atau bahasa yang dapat menyinggung perasaan orang lain, karena ada banyak arti bahasa yang berbeda,” tambah Wahyu.

Sementara itu, Resti Hardini, S.E., M.Si. Kaprodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS, berharap dapat menumbuhkan mahasiswa berprestasi melalui seminar tersebut. “Seminar ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Pendidikan Nasional. Sebagai pilar negara, generasi muda perlu berprestasi untuk kemajuan negara. Untuk mendukung hal tersebut HIMAJEM menyelenggarakan “Seminar Mewujudkan Pemuda Indonesia Berprestasi untuk menumbuhkan keunggulan mahasiswa berprestasi di era society 5.0” pungkasnya.

Selain mengadakan webinar untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, HIMAJEM juga meriahkan acara tersebut dengan mengadakan lomba pembuatan karya tulis ilmiah yang akan diikuti oleh siswa SMA dan Mahasiswa di Indonesia, lomba karya tulis ilmiah ini dilaksanakan secara online. Dalam lomba ini mempunyai kategori individu dan kelompok yang dimenangkan oleh beberapa sekolah dan universitas, yaitu :

  • Kategori Mahasiswa (Individu) :
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Universitas Bengkulu
  • Kategori Mahasiswa (Kelompok) :
  • Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Universitas Negeri Sumatera Utara
  • Kategori SMA (Kelompok)
  • SMAIT Al Furqon Palembang
  • SMAIT Al Furqon Palembang
  • SMKN 1 Jember

Narasumber Ph.D. Endy Agustian, S.T., M.eng DAN Assc. Prof. Dr. Wahyu Wibowo

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.