Tim Tari Kreatif Program Studi Pariwisata Meraih Juara 3 Pada Kompetisi Pariwisata Indonesia Ke-12 Tahun 2022 Tingkat Internasional

Dalam rangka mengembangkan potensi dan kreativitas pariwisata, Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) menyelenggarakan Kompetisi Pariwisata Indonesia tahun 2022 dengan mengusung tema “Infinite Creativity for Cultural Collaboration” dengan menggunakan sebuah tagline yaitu “Unlock Your Creativity.” Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana KPI masih bertaraf Nasional, pada tahun ini tepatnya di tahun pelaksanaan ke-12, KPI sudah bertaraf Internasional seperti yang tertera di website resmi KPI 12. Berbagai perguruan tinggi, khususnya yang berada di Indonesia mengikuti kompetisi ini secara hybrid (on-site dan on-line), tak tertinggal Universitas Nasional.

Sebelum mengikuti kompetisi bergengsi ini, Program Studi Pariwisata melakukan seleksi terlebih dahulu untuk membentuk Tim Tari Kreatif UNAS. Dari seleksi tersebut kemudian terpilih 5 (lima) orang mahasiswa dari Program Studi Pariwisata yaitu; Utari Nur Aisyah; Fayza Syafira; Dimas Adhitya Bastian; Noviana Nur Arifah; dan Tiara Dita Puspita.

Dalam prosesnya, kelima mahasiswa yang menyukai seni itu harus melakukan latihan selama 2 (dua) minggu lamanya. Mereka dilatih oleh Meiliana Chistiani yang merupakan mahasiswa akhir dari Program Studi Pariwisata serta pernah meraih Juara 1 Tari Kreatif pada KPI tahun 2019. Tidak hanya melatih, Meiliana yang kreatif juga mempersiapkan tarian dengan menggabungkan unsur-unsur Indonesia, Modern, dan Akrobatik, baik dari segi gerakan maupun musik.

“Pas latihan kita cuma punya waktu 2 minggu dan budget kita juga nge-pas. Tapi kita berlima dan pelatih yakin kalo kita bisa dan kita gak boleh mundur karena tujuan utama kita disini bukan untuk menang tapi agar kita dapat mengekspresikan diri.” Ungkap Tiara.

 

“Emang tujuan kita berlima bukan untuk menang,” tutur Dimas, “menurut aku jangan terpaku pada kata-kata ‘hasil tidak menghianati usaha’ karena untuk menentukan hasil bukan kewajiban dan tugas kita, tapi tugas kita mencoba dan berusaha dengan baik.” Lanjutnya.

“Lagi pula menurut aku tari tradisional kan bagian dari kebudayaan kita, jadi harus dilestarikan.” Ujar Utari.

 

Terlepas dari berbagai kendala yang mereka rasakan, kerja keras mereka tentu saja membuahkan hasil. Tim Tari Kreatif UNAS mampu meraih Juara 3 KPI ke-12 Tingkat Internasional Tahun 2022.

“Menakjubkan, gak nyangka bisa menang.” Seru Noviani dengan mata berbinar. “Proses latihannya dari sore sampai malam, jadi terharu bisa Juara 3.” Tambah Fayza.

“Walaupun kita berlima udah kenal 2 tahun tapi timnya baru dibentuk, aku gak nyangka kita bisa kompak dan chemistry-nya dapet.” Jelas Tiara seraya tersenyum. “Mixed feelings pokoknya, gak expect kalo menang juga.” Imbuh Dimas.

“Bangga banget bisa mewakili Universitas Nasional dan membawa piala Juara 3. Aku harap kelak kedepannya Pariwisata maupun Pesona Seni Budaya UNAS dapat mengirimkan dan mendukung lagi mahasiswanya untuk mengikuti kompetisi kreatif dance KPI serta kompetisi sejenisnya.” Jelas Utari.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three + nineteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.